Tips Bekerja Produktif bagi Generasi Milenial - INFO LOWONGAN KERJA

Tips Bekerja Produktif bagi Generasi Milenial

 


Namanya bekerja, pastilah akan ada banyak pekerjaan yang harus diselesaikan setiap hari. Malah kadang, belum selesai satu pekerjaan, datang lagi setumpuk pekerjaan berikutnya. Anda jelas tak bisa menolak jika pekerjaan yang dibebankan kepada Anda memang merupakan job description Anda dan sudah sesuai dengan standard operation procedure. Lalu, bagaimana caranya agar semua pekerjaan bisa selesai dengan baik?

Karakter Generasi Milenial dalam Dunia Kerja

Sebelum Anda mencari tahu lebih lanjut bagaimana cara bekerja produktif, ada baiknya Anda mengenal terlebih dahulu karakter generasi milenial dalam dunia kerja

Generasi milenial adalah orang-orang dengan tahun kelahiran antara tahun 1980-2000. Ada dua generasi yang masuk dalam kategori generasi milenial, yaitu generasi Y atau gen Y dan generasi X atau gen X. 

Meski generasi X rata-rata lahir antara tahun 1970 hingga awal tahun 1990, ternyata cukup banyak ahli yang mengkategorikan generasi X sebagai generasi milenial yang kaya akan pengalaman dan pengetahuan. Generasi X dikenal pula dengan sebutan generasi baby boomer.

Karakter generasi X lebih dikenal sebagai pekerja yang mandiri, lebih bisa beradaptasi dengan perubahan yang terjadi, bahkan generasi X adalah generasi yang ikut merasakan perkembangan teknologi dan internet yang berkembang pesat, mulai dari telepon manual hingga smartphone canggih keluaran tahun ini.

generasi milenial yang manakah Anda? generasi Y atau generasi X?

Sementara karakter generasi Y yang lahir di era perkembangan gadget dan beragam teknologi yang membuat kehidupan lebih mudah dijalani. Mereka lahir di era individualisme yang begitu kuat, informasi digital yang deras, dan dampaknya mereka lebih kompetitif, praktis, dan menyukai pekerjaan yang sesuai dengan minat mereka. 

Mereka hanya tertantang dengan pekerjaan yang mereka inginkan dan sesuai dengan pribadi mereka. Jika tidak, maka mereka mudah bosan dan memiliki loyalitas yang rendah terhadap pekerjaan.

Nah, Anda termasuk dalam generasi milenial yang mana?

Tips Bekerja Produktif bagi Generasi Milenial

Melakukan Perencanaan Kerja dan Perencanaan Karir

Agar dapat bekerja produktif dan lebih fokus di tengah arus informasi yang cepat dan godaan distraksi yang tinggi dari keberadaan media sosial, Anda sebagai generasi milenial harus memiliki rencana kerja yang sistematis dan memudahkan pekerjaan Anda. Selain itu, buat pula perencanaan karir yang ingin Anda capai sehingga langkah Anda lebih teratur dan tidak mudah melenceng dari jalur. 

Dalam microlearning QuBisa aplikasi belajar online terbaik, Anda bisa menemukan cukup banyak bahasan yang bisa memandu Anda untuk membuat perencanaan kerja dan rencana karir. Beberapa contoh kursus online gratis yang bisa Anda pelajari, seperti:

Membuat rencana kerja meliputi menyusun skala prioritas dan mendelegasikan pekerjaan

Skala Prioritas dan Kemampuan Delegasi

Membuat rencana kerja pada bahasan sebelumnya sebenarnya akan sangat membantu Anda dalam menyusun skala prioritas dan mendelegasikan pekerjaan. Mengapa? Karena untuk bisa menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dalam satu hari, kedua hal tersebut yang harus Anda terapkan sehingga Anda bisa menjadi lebih produktif dalam bekerja. 

Contohnya begini, hari ini Anda mendadak harus bertemu klien penting yang memegang peranan tercapai tidaknya target bulanan Anda. Di saat yang sama, ada jadwal meeting tim karena harus melakukan pembagian tugas untuk proyek yang sudah akan berjalan. Anda jelas tidak mungkin berada di dua tempat dalam satu waktu. Sementara melakukan pembatalan salah satunya juga tentu kurang bagus untuk perkembangan kinerja dan time management pekerjaan.

Cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah mendelegasikan tugas Anda untuk memimpin zoom meeting tim dengan salah satu rekan kerja Anda yang memiliki kemampuan untuk menggantikan Anda. Namun agar Anda tetap bisa mengetahui bahasan di dalam meeting, minta saja agar melaksanakan virtual meeting agar dapat direkam dan ada notulen atau catatan meeting. Dengan cara ini, Anda bisa menyelesaikan dua pekerjaan sekaligus.

Berani Mengambil Inisiatif

Adakalanya, situasi dan kondisi tertentu mengharuskan Anda menentukan pilihan dan mencari jalan keluar agar top priority goals Anda bisa tercapai. Bisa pula ketika harus berhadapan dengan masalah tertentu, maka solusi yang bisa didapatkan adalah adanya inisiatif yang diambil dengan bijaksana. Maka di sini Anda perlu berani mengambil inisiatif untuk menyelesaikan permasalahan dan menemukan solusi terbaik.

Memiliki inisiatif dalam dunia kerja dan mampu bekerja produktif akan membawa Anda mencapai kesuksesan dengan cepat, bahkan tak mustahil Anda bisa mencapai sukses di usia muda. Percayalah, semakin Anda menggeluti pekerjaan Anda dengan sepenuh hati dan fokus, semua akan berjalan dengan baik.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Loading...