Pentingnya Peningkatan Kompetensi Profesional di Dunia Bisnis - INFO LOWONGAN KERJA

Pentingnya Peningkatan Kompetensi Profesional di Dunia Bisnis

 


Zaman yang semakin maju menuntut semua orang, mulai dari tingkat pencari kerja, tenaga kerja, karyawan, manager, bahkan yang berprofesi di bidang human resource (HR) perlu memiliki kompetensi yang mumpuni. Harapannya, agar senantiasa memberikan performa kerja terbaiknya bagi perusahaan. 

Bahkan kini Human Resource tidak lagi sebatas bertanggung jawab terhadap hal-hal yang berkaitan dengan peningkatan kemampuan sumber daya manusia di dalam perusahaan. Namun, HR juga harus mampu menjalankan perannya di perusahaan sebagai strategic business partner dan bagaimana kinerja bisnis mengalami kemajuan yang diharapkan. HR harus mampu menerapkan strategi yang paling tepat guna pencapaian target perusahaan

Indikator Pencapaian Kompetensi

Menempati posisi HR memang mengharuskan Anda meningkatkan kompetensi atas kinerja. Itulah sebabnya, diperlukan kompetensi kepribadian untuk mengetahui kapasitas diri Anda sendiri sebagai HR dengan cara meningkatkan indikator pencapaian kompetensi. Ada 6 indikator kompetensi yang perlu Anda penuhi, yaitu:

Compliance Manager 

Compliance manager, yakni jika Anda berada di posisi manager, maka Anda harus patuh pada regulasi perusahaan. Di saat yang sama, Anda juga harus membuat karyawan patuh pada kebijakan yang sama. Jika semuanya berjalan sesuai yang ditetapkan, sudah tentu bisa meminimalkan berbagai risiko yang mungkin terjadi di dalam perusahaan

Analytics Designer And Interpreter

Membaca analisa data untuk pengambilan keputusan

Analytics designer and interpreter, yakni kemampuan dalam pengambilan keputusan terkait berbagai data penting perusahaan. Dalam hal ini, Anda perlu memiliki kemampuan membaca data dan melakukan analisis. Misalnya: Anda mampu secara tepat mengambil keputusan melalui analisis laporan keuangan.

Technology and Media Integrator

Technology and media integrator, di mana Anda perlu paham akan perkembangan teknologi. Sehingga nantinya Anda akan lebih mudah dalam menangani berbagai aktivitas yang melibatkan berbagai aktivitas digital, sekaligus membantu orang lain untuk melakukan hal yang sama, yaitu penggunaan perangkat digital. Contohnya, pembayaran pajak, gaji, pemetaan kompetensi karyawan, hingga absensi, yang sudah digitalisasi. 

Untuk meningkatkan keterampilan digital, Anda bisa mengikuti kursus online gratis maupun kursus online berbayar dengan biaya terjangkau di QuBisa platform belajar online Indonesia bagi mahasiswafresh graduate, profesional, dan masyarakat umum. Beberapa materi mengenai keterampilan digital milenial, antara lain:

Culture and Change Champion

Culture and change champion artinya Anda sebagai atasan atau leader harus mampu membantu para karyawan dalam peningkatan komitmen kerja terhadap perusahaan.

Human Capital Curator

Human capital curator yang mengharuskan Anda supaya mampu memastikan proses perkembangan perusahaan. Anda perlu memastikan bahwa perkembangan tersebut sesuai dengan tujuan, visi dan misi perusahaan.

Human capital membantu memastikan perkembangan perusahaan

Total Rewards Stewards

Total Rewards Stewards merupakan kompetensi untuk meningkatkan kesejahteraan para karyawan. Anda bisa melakukan peningkatan kinerja ini dengan memberikan penghargaan bagi para karyawan.

Dari keseluruhan pembahasan di dalam artikel ini, Anda sudah mengetahui indikator kompetensi yang dibutuhkan dalam dunia kerja, terutama kalau Anda sedang membuat perencanaan karir mencapai posisi supervisor atau manager. Alangkah baiknya mulai sekarang Anda terus meningkatkan keahlian dan mempelajari hal-hal baru terkait teknologi dan dunia digital agar tak tertinggal. Semoga bermanfaat dan sukses!

Rekomendasi Untuk Anda × +
Loading...