Cara Mengosongkan Memori iPhone - INFO LOWONGAN KERJA

Cara Mengosongkan Memori iPhone

 


Penyimpanan memori yang penuh mungkin sering dialami pengguna iPhone. Simak artikel ini untuk ketahui cara mengosongkan memori di iPhone.

Masalah memori penuh tidak hanya dialami oleh pengguna ponsel Android. Pengguna iOS atau iPhone kadang juga mengalami hal serupa.

Biasanya penyebab memori cepat penuh adalah terlalu banyak foto, video 4K dan game di memori. Selain itu, kebiasaan lain juga bisa mengurangi memori iPhone.

Supaya memori kembali stabil, tentu kalian perlu mengosongkan penyimpanan di iPhone. Nah, kali ini saya akan berbagi cara mengosongkan memori di iPhone.

Cara Mengosongkan Memori di iPhone

Gunakan iPhone Storage

Memori iPhone Penuh? Begini Cara Mengosongkan Memori iPhone
Sumber Gambar : 9to5Mac

Biasanya iPhone dengan versi iOS terbaru punya fitur iPhone Storage. Ini adalah peningkatan yang diberikan Apple di bagian Storage and iCloud Usage sebelumnya.

Untuk mengakses iPhone Storage, buka ‘Settings > General > iPhone Storage.’ Setelah itu kalian akan melihat tampilan yang menampilkan ruang penyimpanan di iPhone.

Fitur ini akan menyusun aplikasi sesuai besarnya penyimpanan yang digunakan. Nah, untuk mengurangi space, kalian bisa hapus pesan lama secara otomatis, lampiran pesan, atau menyimpan pesan di iCloud.

Sementara itu, kalian juga bisa menghapus data aplikasi bawaan Apple di fitur ini. Misal, kalian ingin menghapus lagu dari aplikasi Music, bersihkan data di situs Safari, dll.

Offload atau Delete Aplikasi

Memori iPhone Penuh? Begini Cara Mengosongkan Memori iPhone
Sumber Gambar : Make Us Of

Akses ‘Settings > iPhone Storage’ di ponsel kalian. Setelah itu, tap aplikasi yang akan kalian hapus. Setelah itu, kalian akan melihat info memori yang telah digunakan aplikasi tersebut.

Di bagian bawah terdapat dua opsi, yakni ‘Offload App’ dan ‘Delete App.’ Delete App akan menghapus aplikasi secara keseluruhan. Kalau di Android, sama saja dengan mencopot pemasangan aplikasi.

Offload App artinya menghapus file inti aplikasi, tapi data pribadi kalian tetap tersimpan. Opsi ini berguna ketika kalian ingin menggunakan aplikasi, tapi membutuhkan ruang.

Hapus Foto dan Video

Foto dan Video memang paling banyak memakan ruang, apalagi di ponsel cewek. Nah, kalian bisa menghapus beberapa foto dan video dari storage iPhone.

Selain itu, coba aktifkan iCloud Photos di ponsel kalian. Kalian dapat mengunggah foto dan video ke cloud, sehingga dapat menghemat ruang di perangkat.

Kalian juga bisa menyalin foto dan video dari iPhone ke komputer. Setelah file dipindahkan, hapus foto dan video tersebut dari ponsel kalian.

Ambil Foto HDR

Memori iPhone Penuh? Begini Cara Mengosongkan Memori iPhone
Sumber Gambar : Make Us Of

Foto dari iPhone yang diambil dengan mode HDR memang sangat tajam. Sementara itu, iPhone akan menyimpan dua file gambar di library foto. Yakni gambar normal (tanpa HDR) dan rekanan HDR-nya.

Untuk menghemat ruang, kalian cukup menyimpanan foto HDR saja. Caranya adalah, buka ‘Settings > Camera.’ Ketuk ‘Keep Normal Photo’ ke posisi tidak aktif.

Itulah beberapa cara untuk mengosongkan ruang penyimpanan iPhone. Selain cara di atas, kalian juga bisa menghapus chace browser dan pesan tidak penting untuk menghemat storage.

Rekomendasi Untuk Anda × +
Loading...