jenis contoh surat lamaran yang bagus (untuk lulusan baru) lengkap update terbaru - INFO LOWONGAN KERJA

jenis contoh surat lamaran yang bagus (untuk lulusan baru) lengkap update terbaru

 

3 jenis contoh surat lamaran  yang menonjol (untuk fresh graduate)_1

Kami tahu tidak mudah menulis surat lamaran. Anda telah menghabiskan hampir sebagian besar hidup Anda di jenjang pendidikan, dan beberapa terlibat aktif dalam olahraga, kegiatan sekolah, klub, asosiasi dan lain-lain. Dan kemudian ada juga pengalaman Anda saat magang, freelance, pelatihan industri dan lain-lain. Jadi bagaimana cara menempatkan semua itu dalam satu lembar surat lamaran?

Apa itu surat lamaran yang anda tanyakan? Seperti yang dijelaskan, surat lamaran adalah dokumen yang dikirim dengan resume Anda untuk memberikan informasi tambahan mengenai keahlian dan pengalaman Anda. Ini seperti dokumen penjualan yang memungkinkan Anda ‘menjual’ kepada si perusahaan mengapa Anda memenuhi syarat untuk pekerjaan yang Anda lamar.

Berikut adalah 3 jenis contoh surat lamaran yang akan membuanya menonjol. Kami juga menyertakan contoh surat lamaran untuk kandidat yang tidak memiliki pengalaman magang.

 

Contoh Surat Lamaran 1

(dengan pengalaman magang, versi cetak)

(Alamat Anda)

 (Tanggal)

 (Nama Penerima)

 (Judul Pekerjaan)

 (Alamat)

 

Yang Terhormat (Salam dan Nama)

Saya menulis untuk melamar posisi Asisten Perekrutan di perusahaan Anda yang terhormat.

Saya telah menyelesaikan pendidikan S1 di bidang Administrasi Bisnis, dengan jurusan Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia dari Universitas XYZ. Saya berharap dapat  memberikan pengetahuan, keterampilan, dan komitmen saya untuk mengembangkan perusahaan Anda yang inovatif.

Sebagai seorang mahasiswa administrasi bisnis, jurusan manajemen sumber daya manusia, saya telah dibekali dengan pengetahuan yang cukup tentang posisi dalam perusahaan termasuk perekrutan tenaga kerja, organisasi tenaga kerja, pelatihan personil dan kompensasi serta ketentuan hukum dan masalah ketenagakerjaan lainnya.

Dalam masa magang saya di Perusahaan ABC  telah memberi saya keterampilan penting untuk bekerja dengan beberapa profesional terbaik di industri perekrutan dan sumber daya manusia. Selama magang empat bulan, saya juga mengembangkan antusiasme dan semangat untuk sumber daya manusia dan masa magang tersebut  meyakinkan saya bahwa manajemen sumber daya manusia adalah panggilan saya yang sesungguhnya.

Beberapa prestasi saya selama magang termasuk menjadi pemimpin proyek untuk kegiatan olahraga perusahaan. Saya bekerja sama dengan pemagang lainnya dan kami berhasil menyelenggarakan outing untuk 100 karyawan. Kami menerima skala 95% ‘bagus ke terbaik’ dari umpan balik survei yang kami lakukan di antara karyawan setelah acara tersebut.

Untuk tambahan rinci mengenai kualifikasi dan keahlian, silahkan review resume yang saya lampirkan bersama dengan surat lamaran ini.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan surat lamaran ini dan saya menunggu kabar dari Anda..

Dengan hormat,

(Tanda tangan)
(Namamu)
(Alamat email & nomor kontak anda)

Contoh Surat Lamaran 2

(dengan pengalaman magang, versi email)

Subjek Email: (Nama Anda) untuk (posisi)

(Catatan: Jaga agar judul email tetap pendek dan sederhana, namun sorot informasi utama untuk perhatian perekrut: misalnya nama dan posisi yang Anda lamar.)

Yang terhormat (salam & nama)

Saya ingin menyampaikan ketertarikan saya untuk melamar posisi Marketing Associate (bagian pemasaran) yang baru saja tersedia di perusahaan Anda.

Saya percaya bahwa gelar saya di bidang Administrasi Bisnis (BSBA) jurusan Pemasaran dari Universitas XYZ telah mempersiapkan saya untuk posisi ini. Sebagai mahasiswa, saya dibekali dengan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk membantu mengembangkan dan mendorong strategi pemasaran yang efektif.

Selama enam bulan saya melakukan magang di Departemen Pemasaran Perusahaan ABC, saya belajar bagaimana perusahaan menentukan produk atau layanan apa yang akan dijual, bagaimana mencapai demografi target dengan bantuan alat analisis dan bagaimana menanggapi beberapa ancaman dari pesaing. Yang lebih penting lagi, saya memiliki kesempatan untuk bekerja dengan profesional berpengalaman yang mengajari saya cara mudah memahami konsep pemasaran yang kompleks dan pada waktu-waktu tertentu, bagaimana cara menghadapi dan mengatasi perbedaan untuk mencapai berbagai tujuan.

Saya juga mengetahui berbagai keterampilan yang memungkinkan saya berbaur dengan kebiasaan tim dan terus berusaha mencapai tujuan bersama di tengah kegagalan dan kemunduran.

Prestasi saya yang paling membanggakan saat magang adalah mengorganisir pemasaran gerilya untuk produk yang baru diluncurkan. Saya mendapat tempat di GHI Shopping Mall dan kami melakukan eksperimen sosial untuk mengenalkan produk baru tersebut. Kami mendapat tanggapan positif yang luar biasa dari para pembeli dan 50% dari mereka akhirnya membeli produk kami hari itu.

Selain itu, keterlibatan aktif saya dalam banyak kegiatan akademik dan ekstrakurikuler telah sangat membantu saya dalam mengembangkan kemampuan komunikasi dan kepemimpinan saya, yang sangat penting dalam menemukan kesuksesan di dunia usaha.

Dengan surat lamaran ini, saya melampirkan resume saya untuk bahan pertimbangan  Anda. Terima kasih telah meluangkan waktu untuk meninjau lamaran saya dan saya menanti balasan Anda sehingga kita dapat mendiskusikan lebih lanjut lamaran saya.

 

Dengan hormat,

(Nama Anda)

(Alamat email & nomor kontak Anda)

 

Contoh Surat Lamaran 3

(tanpa pengalaman magang, versi cetak)

(Nama Penerima)

(Judul pekerjaan)

(Alamat)

 

Yang Terhormat (salam & nama)

Mohon diterima resume saya sebagai lamaran untuk posisi terbuka pada bagian penjualan di perusahaan Anda. Sebagai lulusan baru pada bidang administrasi bisnis, posisi tersebut sangat sesuai dengan pendidikan, pengalaman, dan minat karir saya.

Sebagai mahasiswa Universitas XYZ, tidak hanya mempertahankan nilai bagus, saya juga termasuk anggota tim sepakbola yang sangat kompetitif dan sukses.

Latar belakang saya sebagai mahasiswa dan atlet telah mengajarkan saya untuk bersikap disiplin dan fokus, yang saya yakin adalah salah satu kualitas penting yang dibutuhkan oleh profesional manapun dalam industri penjualan. Pengalaman saya bekerja di lingkungan tim juga telah menanamkan nilai kerja tim dan kerja sama saya.

Sebagai anggota tim, saya juga telah memberikan kontribusi yang besar dalam meningkatkan semangat juang dan keterlibatan tim melalui berbagai kegiatan yang saya organisir. Dari skala 1-10 (10 adalah nilai tertinggi), tim menilai 8 untuk ‘kesuksesan aktivitas dalam hal keterlibatan’. Melalui prestasi saya sebagai mahasiswa dan atlet, saya telah membuktikan bahwa saya bergairah dan berdedikasi terhadap hal-hal yang saya lakukan.

Meskipun ini adalah pertama kalinya saya bekerja di bidang penjualan, saya cukup yakin bahwa dengan ketrampilan dan kemampuan saya, saya dapat belajar dengan cepat dan memberi dampak langsung kepada tim Anda dan perusahaan.

Terima kasih telah meluangkan waktu untuk mempertimbangkan lamaran saya dan saya berharap dapat mendengar dari Anda.

 

Dengan hormat,

(Tanda tangan)

(Nama Anda)

(Alamat email & nomor kontak Anda)

Rekomendasi Untuk Anda × +
Loading...