Jika Anda baru memulai bisnis online dan bertanya-tanya apa yang Anda perlu tahu, yuk baca fakta bisnis online yang perlu kamu ketahui untuk membantu usaha Anda agar bisa bertahan di dunia bisnis dalam jangka panjang!
Fakta Bisnis Online
1. Sosial Media adalah Segalanya
Tidak diragukan lagi bahwa bisnis online sekarang butuh sosial media untuk berhasil.
Menurut studi dari Social Media Today, lebih dari 90% usaha kecil menengah menggunakan media sosial. Melihat fakta ini, tidak bisa disangkal bahwa untuk mendapatkan perhatian pelanggan Anda, Anda harus memiliki sosial media. Semakin banyak sosial media yang dapat Anda kelola, semakin baik dan semakin banyak pula customer yang bisa Anda dapatkan.
Tetapi selalu pikirkan kualitas daripada kuantitas dan fokuskan pada satu atau dua channel sosial media yang paling berdampak besar pada bisnis Anda.
2. E-mail Marketing Merupakan Cara Terbaik untuk Berkomunikasi
E-mail merupakan cara yang efektif untuk menjangkau pelanggan Anda. Salah satu kelebihannya adalah keserbagunaannya, karena Anda dapat memanfaatkan e-mail untuk informasi, promosi khusus, dan survei.
Berikut ini beberapa cara efektif untuk mendapatkan alamat e-mail customer Anda:
- Pada langkah checkout Anda dapat mengumpulkan info tentang pelanggan Anda
- Melalui subscription di blog Anda atau di footer situs Anda
- Jika Anda tidak punya website atau situs, buatlah email newsletter khusus yang bisa Anda tautkan di profil sosial media bisnis Anda.
Tetapi ingat, jangan sampai e-mail marketing Anda dianggap spam karena terlalu sering dikirim secara berlebihan ya!
3. Mayoritas Traffic Berasal dari Search
Mayoritas traffic utama berasal dari search, maka itu SEO adalah bagian penting dalam strategi pemasaran bisnis online Anda.
Tidak semua orang mungkin mengerti SEO, tetapi Anda dapat mempekerjakan seorang SEO yang handal untuk memastikan bisnis Anda selalu ada di halaman pertama search engine atau mesin pencari. Jika Anda tidak ada budget untuk mempekerjakan seseorang yang mengerti SEO, Anda dapat belajar SEO online secara gratis untuk mengerti pemahaman basic tentang SEO.
4. Ulasan Produk dan Promosi Sangat Diperlukan
Ulasan yang baik dari pelanggan adalah tujuan utama dalam berbisnis dan juga dapat dijadikan sebagai free marketing dari mulut ke mulut. Ulasan produk telah terbukti meningkatkan transaksi dan lebih dapat dipercaya daripada bentuk iklan lainnya.
Selain ulasan, promosi adalah bagian besar lain dari pemasaran toko online Anda. Promosi khusus di hari-hari tertentu hingga kupon referral adalah strategi pemasaran yang baik.
Tips promosi:
- Pikirkan tentang relevansi. Jangan menjalankan promosi hanya sekedar untuk mengadakan promosi. Cari tahu demografi target Anda dan fokus pada penawaran yang akan menarik bagi mereka. Misalnya, jika sebagian besar pelanggan Anda adalah pekerja muda, Anda dapat membuat promo khusus pada saat hari gajian.
- Buat promosi Anda sendiri, misalkan di hari jadi toko online Anda agar toko online Anda terkesan unik dan berbeda dari toko lainnya.
5. Iklan, Cara Cepat Mendapatkan Pelanggan
Jika Anda baru pertama kali menjalankan bisnis, memang sulit untuk mengeluarkan uang untuk iklan disaat penjualan Anda belum seberapa, teapi iklan sangatlah berpengaruh untuk bisnis Anda. Menggunakan iklan, walaupun hanya satu kali dapat menarik perhatian lebih banyak pelanggan berkali-kali lipat dibandingkan tanpa iklan.
Jika Anda ingin mencoba beriklan, Anda bisa menggunakan TopAds iklan.